Gaza, 4 Rajab 1436/23 April, 2015 (MINA)Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), sebuah lembaga kemanusiaan yang saat ini sedang membangun Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza membagikan sebanyak 1000 paket sembako untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jalur Gaza.

“Pembagian sembako ini merupakan yang kesekian kalinya untuk rakyat Gaza. Namun kali ini kita konsentrasikan ke para PNS dan staf pemerintahan di Jalur Gaza,” kata Muqarrabin Al Fikri, ketua MER-C cabang Gaza, kepada Kantor Berita Islam Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis 23/4 di Jalur Gaza.

 Fikri menambahkan, PNS di Gaza sudah satu tahun lebih tidak mendapatkan Gaji mereka akibat terjadinya krisis keuangan di Pemerintahan Palestina.

Para Relawan MER-C Sedang Persiapan Pembagian Sembako. FOTO : MINA

“PNS di jalur Gaza sudah setahun lebih tidak mendapatkan gaji akibat krisis keuangan, namun mereka tetap bekerja keras melayani rakyat. Kewajiban kita membantu mereka,” ujarnya.

Sembako yang terdiri dari makanan pokok seperti, beras, minyak goreng, daging kaleng, keju, tepung, dan lainya tersebut dibagikan kepada beberapa kementrian di Gaza.

“Kami membagikan paket sembako ini, kepada beberapa kementrian seperti, Kementrian Kesehatan, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Kehakiman, Rumah Sakit Al Syifa, Rumah Sakit Kamal Udwan, Jabaliya Medical Center serta lainya,” ujar Mahasiswa Universitas Islam Gaza ini.

Lajang berusia 25 tahun itu juga mengatakan, pembelian dan pembagian sembako ini dilakukan langsung oleh para relawan MER-C yang sedang bertugas melakukan persiapan akhir pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Bayt Lahiya, sebelah utara Jalur Gaza.

Relawan MER-C diatas Truk bak terbuka yang penuh dengan paket sembako untuk PNS Gaza. foto : MINA

“MER-C senantiasa memegang teguh amanah dari rakyat Indonesia. Untuk itu penyaluran bantuan dari rakyat Indonesia kepada rakyat Gaza dikerjakan langsung oleh para relawan termasuk pembelian dan pembagianya. Jadi kami bisa tahu persis penerima tepat sasaran,” terangnya.

Atas bantuan itu, PNS di Gaza mengucakan rasa terima kasihnya kepada rakyat Indonesia yang telah memberikan bantuan tersebut.

Omar Al Bursh, Wakil Menteri Kehakiman Pemerintahan Persatuan Nasional Palestina mengucapkan penghargaan kepada MER-C atas bantuan dan usahanya kepada rakyat Gaza.

“Kementrian Kehakiman Palestina, mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada MER-C atas usaha besarnya untuk membantu kehidupan yang sangat sulit dari rakyat Gaza,” ujarnya kepada MINA di kantornya.

“Kami juga mengapresiasi berdirinya Rumah Sakit Indonesia di Utara jalur Gaza. Semoga Allah membalas semua kebaikan kalian,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kementrian Palestina melalui Reeham, Shorafa sekretaris Hubungan Luar Negeri Kemenkes mengucapkan apresiasinya kepada MER-C yang telah membangun sebuah Rumah Sakit Besar di Gaza, serta bantuan kemanusiaan lainnya.

“Saya hanya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada anda semua atas usaha yang diberikan kepada rakyat Gaza,” ujarnya.

MER-C, adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang saat ini tengah membangun RS Indonesia di Utara Jalur Gaza. Sebuah rumah sakit yang saat ini tengah dalam proses akhir penyelesaian, dan sedang menunggu kelengkapan alat-alat kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, peralatan RS Indonesia saat ini sudah mulai didatangkan ke rumah sakit yang jaraknya hanya 2,5 km dari perbatasan. Ahad 19/4 lalu sebanyak 90 ranjang pasien sudah berdatangan, selain itu peralatan seperti 4 unit meja operasi, 10 ventilator, nebulizer untuk ICU juga sudah tiba.

Pihak MER-C sendiri juga sudah merencanakan akan segera membuka RS Indonesia ini agar segera beroperasi. Komunikasi intensif dengan Kementrian Kesehatan Pemerintah Palestina sedang dilakukan.

Rumah sakit ini memang sangat dinantikan oleh warga Gaza untuk segera beroperasional. Situasi Gaza yang tidak menentu dan senantiasa dalam ancaman peperangan.

MER-C juga membuka kesempatan kepada para dermawan dan donatur yang ingin memberikan dukungan dan bantuan kemanusiaan dan pengadaan alkes RS Indonesia di Gaza Palestina dapat disalurkan melalui: BNI Syariah No. Rek. 08.111.929.73, BCA No. Rek. 686.0153.678, BRI No. Rek. 033.501.0007.60308, BSM No. Rek. 700.1352.061, BMI No. Rek. 301.00521.15, atas nama Medical Emergency Rescue Committee. (K01/R02)

Sumber : http://mirajnews.com/id/palestina/merc-bagikan-1000-paket-sembako-untuk-pns-di-jalur-gaza/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dukung Sosial Media Kami

Langganan Info & Berita MER-C