Tim Medis Lembaga Kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) untuk misi kemanusiaan. Foto : MINA

Jakarta, 8 Rabi’ul Awwal 1436/30 Desember 2014 (MINA) – Lembaga Kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) kirim delapan personel tim medis ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (KALTIM) memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada 600 manusia perahu.

Atas permintaan kementerian kelautan dan kelautan untuk misi kemanusiaan, delapan tim medis terdiri dari tujuh dokter dan satu personel logistik, diantaranya Dr. H. Hadiki Habib (Spesialis Penyakit Dalam, Ketua Tim), Islamiyah Samaun (Logistik, Anggota), Elisabeth Lilyanan Sarri (Dokter Gigi, Anggota), Dian Fridayani (Dokter Umum, Anggota), Tb Moch Aria Santika (Dokter Umum, Anggota), Kemas Muhammad H. Rizki (Dokter Umum, Anggota), Riska Hastari (Dokter Umum, Anggota), Akbar Septian (Dokter Umum, Anggota) berangkat menuju ke lokasi, Selasa.

 Keberangkatan pada hari ini terdiri dari dua tim, tim pertama terdiri atas dua orang dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia melalui rute Balik Papan, tim kedua terdiri dari enam orang berangkat dengan pesawat dan rute yang sama.

Koordinator bidang klinik umum Mer-c sekaligus bagian dari logistik dari keberangkatan, Islamiyah Samaun mengatakan untuk pembiyaan transportasi dan akomodasi ditanggung oleh kementerian Kelautan, sementara untuk obat-obatan ditanggung oleh MER-C.

“Pelayanan kesehatan ini berlangsung selama sepekan atas permintaan menteri kelautan,” ujar Islamiyah Samaun.

Islamiyah juga mengaskan harapannya untuk misi kemanusiaan kali ini bisa lancar dan diberi kemudahan oleh Allah SWT.

“Semoga nantinya pasien bisa puas dengan apa yang kita lakukan dan semua ini berjalan lancar hendaknya,” ujar Iis, sapaan akrab Islamiyah.

Harapan yang sama juga datang dari salah satu Dokter, Akbar Septian mengatakan kita sebagai tim dokter siap dengan segala hal, semoga misi ini berjalan lancar dan manusia perahu bisa kembali dengan kondisi yang baik.

MER-C adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak di bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai sifat amanah, profesional serta netral. Tujuan MER-C adalah memberikan pelayanan medis untuk korban perang, kekerasan akibat konflik, kerusuhan, kejadian luar biasa, dan bencana alam di dalam maupun di luar negeri. (L/P007/R03)

Sumber : http://mirajnews.com/id/indonesia/merc-kirim-tim-medis-ke-berau-tangani-manusia-perahu/

 

 

 

 

 

 

 

 

Dukung Sosial Media Kami

Langganan Info & Berita MER-C