#MER-C UPDATE​

Aksi protes damai besar-besaran "Great March Return" di sepanjang perbatasan Gaza - Israel terus berlanjut.

Dikutip dari mirajnews.com, pasukan Israel telah menewaskan 22 warga Palestina selama sepekan terakhir, termasuk 17 pada Jumat pertama aksi (30/3), dan melukai lebih dari 1.600 warga Palestina. 

Aksi kembali berlangsung di Jum'at kedua (6/4) kemarin. Berdasarkan rilis Kemenkes Palestina, 8 warga Palestina dikabarkan syahid dan 1.356 lainnya luka-luka akibat tembakan tentara Israel.

Relawan Indonesia di Gaza melaporkan bahwa hari ini, Jumat/30 Maret 2018, ribuan warga Gaza baik laki-laki, perempuan, bahkan anak-anak menuju perbatasan Israel untuk mengikuti aksi protes damai yang disebut sebagai "The Great March of Return".

Satu set alat mammography sumbangan rakyat Indonesia tiba di Jalur Gaza, tepatnya pada 13 November 2017 lalu. Alat kesehatan senilai $ 67,500 atau setara lebih dari Rp 900 juta dapat terwujud berkat donasi yang masuk ke amanah Kemanusiaan Gaza. Alat ini akan melengkapi fasilitas kesehatan di Jalur Gaza bagian selatan, yaitu Al Rahma Medical Center di Khan Younis.

Menurut dr. Arief Rachman, SpRad, anggota Presidium sekaligus Tim Pengadaan Alat Kesehatan RS MER-C, mammogram adalah alat radiologi yang dapat digunakan untuk screening dan diagnosis kelainan di payudara, terutama kanker. 

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyatakan dukungannya pada program MER-C untuk Palestina, khususnya rencana pengembangan dan penambahan 2 lantai RS Indonesia yang terletak di wilayah yang masih berkecamuk, Jalur Gaza, Palestina. Hal ini disampaikan saat menerima audiensi Tim MER-C di Balaikota, Senin (18/12).  

Lebih dari 10 tahun sudah Gaza dengan 2 juta warganya hidup dalam penjara Israel bernama blokade, penutupan pintu-pintu perbatasan antara Gaza dan dunia luar telah melahirkan berbagai krisis kemanusiaan dan penderitaan tak berujung. Ratusan terowongan bawah tanah yang selama ini dijadikan alternatif oleh warga Gaza untuk mensuplai barang kebutuhan juga telah dihancurkan. 

Dukung Sosial Media Kami

Langganan Info & Berita MER-C