Satu bulan pasca bencana, Tim MER-C masih terus melakukan mobile clinic ke wilayah-wilayah terdampak gempa di Lombok dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada warga korban gempa yang membutuhkan bantuan pengobatan.

Kamis/5 September 2018, Tim Medis MER-C mengunjungi desa Rempek, dusun Pepandah, kec. Gangga yang sebelumnya telah dilakukan assessment.

Rabu/5 September 2018, Tim MER-C bagian logistik melakukan assessment di desa Rempek, dusun Pepandah Rt 3, kec. Gangga, kab. Lombok Utara. Kondisi pengungsian jauh dari jalan utama dan wilayah ini juga belum pernah mendapatkan bantuan sama sekali, baik bantuan medis maupun logistik.

Tim juga mengecek sumber air warga yang berada di bawah pohon besar untuk memastikan penggunaan air yang sehari-hari dikonsumsi warga.

Satu truk penuh berisi berbagai bantuan untuk disalurkan bagi korban bencana gempa bumi di Lombok, dini hari tadi, Selasa/4 September 2018, diberangkatkan dari Kantor Pusat MER-C di Jakarta. Ini adalah bantuan medis dan kemanusiaan tahap 2 yang dikirim oleh MER-C melalui jalur darat. Sebelumnya pada pertengahan Agustus 2018 lalu, telah dikirimkan juga berbagai bantuan dan perlengkapan untuk pendirian RS Lapangan yang dibawa oleh truk dan mobil double cabin.

Ungkapan spontan tersebut sesaat menghentikan aktivitas kami membersihkan luka pasien pasca operasi menyambung tulang kakinya yang patah. Saling lirik, gerakan alis, dan senyum diantara kami seakan menjadi bahasa non-verbal kira-kira siapa yang akan menjawab dan jawaban seperti apa. Dalam kondisi yang sensitif seperti korban bencana, jawaban yang kurang pas bisa berarti konotasi negatif.

Dukung Sosial Media Kami

Langganan Info & Berita MER-C