Misi Kemanusiaan MER-C di Afghanistan tahun 2000 Misi Kemanusiaan MER-C di Afghanistan tahun 2000

Program “Indonesia Health Center” Afghanistan

Uncategorised Kamis, 24 Maret 2016 00:00

Afghanistan adalah negeri yang pernah dua kali dikunjungi oleh Tim MER-C, yaitu pada Oktober 2001 dan Mei 2002. Saat itu, Amerika Serikat dan sekutunya tengah melancarkan serangan udara ke wilayah ini dengan dalih untuk menghancurkan kamp-kamp pelatihan teroris Al Qaeda dan instalasi militer rezim Taliban di Afghanistan. Seketika berita penyerangan itu muncul di berbagai media, MER-C pun segera menyiapkan Tim Bedahnya untuk berangkat ke Afghanistan guna memberikan pertolongan kepada para korban perang.  

Afghanistan adalah negeri yang miskin. Menjadi rebutan berbagai kepentingan, suku bangsa dan negara. - dr. Joserizal Jurnalis, SpOT

 

Kini setelah 13 tahun berlalu, seorang International Health Advisor from Ministry of Public Health of Afghanistan bertandang ke kantor MER-C untuk bersilaturahmi dan menyampaikan mengenai kondisi terkini di Afghanistan serta kebutuhan akan sarana kesehatan yang masih minim di sejumlah wilayah yang sempat porak-poranda akibat perang berkepanjangan.

 

Ditengah upaya untuk bangkit dan menata kembali negaranya, mereka berharap MER-C dapat turut berperan khususnya di bidang kesehatan.

 

Memenuhi undangan, Tim MER-C yang diwakili oleh dr. Joserizal Jurnalis, SpOT, dr. Yogi Prabowo, SpOT dan dr. Hadiki Habib, SpPD bertemu dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan (HE. Mr. Salahuddin Rabbani) saat kunjungan ke Indonesia untuk menghadiri KTT Luar Biasa Negara-negara OKI (Organisasi Konferensi Islam). Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah The Acting Ambassador of Afghanistan, (HE. Amanullah Saleem), The Afghan Representative at Organisation of Islamic Conference (HE. Rahim Sayedjan), serta dr. Nadir Saikal (International Health Advisor to the Ministry of Public Health of Afghanistan), Senin/7 Maret 2016.

 

Pada pertemuan ini dibahas tindak lanjut rencana program MER-C di bidang kesehatan, yaitu pembangunan “Indonesia Health Center” di Afghanistan. Dalam waktu dekat, Tim MER-C akan berangkat ke negara tersebut untuk melakukan survai langsung ke lapangan dan bertemu dengan pihak-pihak pemerintahan terkait di Afghanistan.

 

Dukungan dan bantuan untuk pembangunan “Indonesia Health Center” di Afghanistan dapat disalurkan melalui:

 

Bank Syariah Mandiri (BSM), No. Rek. 701.5658.918

 

Atas nama Medical Emergency Rescue Committee

Baca 298 kali Terakhir diubah pada Selasa, 29 Maret 2016 07:06

Alamat MER-C

{google_map}60.1705,24.9384{/google_map}

 

Jl. Kramat Lontar No. J-157 Senen, Jakarta Pusat Indonesia 10440
Telp            : (021) 3159235
Fax             : (021) 3159256
Call Center  : 0811 99 0176
E-mail : office@mer-c.org