MER-C untuk Papua

Uncategorised Ditulis oleh  Jumat, 01 Juli 2016 00:00 ukuran font kurangi ukuran font tambah ukuran font
Beri nilai item ini
(0 penilaian)

Program Klinik Sosial

Untuk itu, MER-C menetapkan wilayah Kiprah MER-C di Papua dan Papua Barat sudah dimulai sejak Februari 2006 melalui program klinik sosial di tiga wilayah kabupaten, yaitu :

-          Kabupaten Mimika (Provinsi Papua)

-          Kabupaten Sorong (Provinsi Papua Barat)

-          Kabupaten Raja Ampat (Provinsi Papua Barat)

Wilayah pelayanan klinik melalui system mobile clinic mencakup + 30 distrik atau kampong dengan rata-rata jumlah pasien mencapai + 3.000 orang setiap bulannya.

MER-C menempatkan relawan dokter melalui program PTT (Praktek Tidak Tetap) dan relawan perawat secara rotasi dan berkala dengan kegiatan meliputi:

-          Pelayanan kesehatan dasar baik di posko maupun melalui program mobile clinic yang terjadwal

-          Pemeriksaan malaria

-          Mendampingi Kegiatan UKS (Unit Kesehatan Sekolah)

-          Penyuluhan Kesehatan

-          Menjadi mitra kesehatan seperti : Mitra Puskesmas Pembantu (Pustu), Mitra Puskesmas Keliling (Pusling), Mitra Posyandu dan Mitra TNI

 

Program Terpadu Desa Klalin 4

Desa Klalin 4 yang terletak di Distrik Aimas Kabupaten Sorong, terdiri dari kurang lebih 80 Kepala Keluarga dengan jumlah penduduk 337 jiwa , hampir sebagian besar masyarakat berasal dari suku Kokoda yang merupakan salah satu suku asli Papua Barat yang beragama Islam.

 

Secara umum keadaan masyarakat tersebut masih sangat kekurangan secara ekonomi, pendidikan, kesehatan serta berbagai macam kebutuhan dasar hidup lainya seperti kondisi lingkungan, sarana ibadah dll. Sejak dua tahun terakhir MER-C telah memberikan pelayanan Mobile Clinic untuk masyarakat Klalin 4 secara rutin, selain itu juga beberapa kali melakukan kegiatan sosial lainnya seperti pemberian sembako, pembagian zakat infaq dan sadaqah.

 

Melihat kondisi masyarakat dalam hal pendidikan dan lingkungan serta kegiatan keagamaan yang belum terpenuhi dengan baik, maka kami berupaya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memenuhi sarana dan prasarana tersebut.

 

Saat ini sudah terdapat bangunan sekolah dan mushollah yang sangat sederhana yang bahan materialnya diperoleh dari sumbangan donatur perorangan dan PEMDA setempat, sedangkan pembangunannya dikerjakan dan dikelola oleh masyarakat sendiri, dan untuk pemenuhan SDM (tenaga pengajar/guru dan ustad) kami bekerjasama dengan IPNU (Ikatan Pemuda Nahdatul Ulama) dan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Daarul Istiqomah.

 

Sarana dan prasarana Kesehatan, Sekolah serta Musholah yang masih sangat minim inilah yang mendorong kami untuk membuat suatu PROGRAM TERPADU (Kesehatan, Pendidikan, Agama serta Ekonomi ) yang berkesinambungan untuk jangka waktu satu sampai dua tahun ke depan.

Program Terpadu ini akan dilaksanakan dalam dua tahap, program tahap pertama adalah pengembangan dibidang Kesehatan,Pendidikan dan Keagamaan, sedangkan program tahap kedua adalah pengembangan di bidang ekonomi masyarakat.

 

Dukungan dan bantuan bagi “Program MER-C untuk Papua” dapat disalurkan melalui:

Bank Central Asia (BCA), No. Rek. 686.066.6608

Bank Syariah Mandiri (BSM), No. Rek. 701.5658.929

Atas nama Medical Emergency Rescue Committee

 

 

Baca 1086 kali
Selanjutnya di kategori ini: « Kemanusiaan Palestina Kontak Kami »

Alamat MER-C

{google_map}60.1705,24.9384{/google_map}

 

Jl. Kramat Lontar No. J-157 Senen, Jakarta Pusat Indonesia 10440
Telp            : (021) 3159235
Fax             : (021) 3159256
Call Center  : 0811 99 0176
E-mail : office@mer-c.org