MER-C Cabang Medan Kirim Tim Medis dan Bantuan ke 3 Titik Pengungsian Rohingya

Info Cabang Selasa, 19 Mei 2015 00:00

Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) melalui perwakilan cabangnya di Medan akan mengirimkan tim medis dan bantuan kemanusiaan ke tiga titik pengungsian Rohingya yakni di Pangkalan Susu (Langkat), Langsa (Aceh Timur), dan Lhoksukon (Aceh Utara).

 Tim yang dikirim ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 orang dokter dan 1 orang perawat relawan MER-C, serta 2 orang dari perwakilan ormas Islam Liga Muslim Indonesia (LMI) Sumut dan Forum Umat Islam (FUI) Sumut. Tim akan dipimpin oleh dr. Rahmad Gunawan.

Pengiriman Tim bersama ini merupakan langkah sinergis untuk melaksanakan Misi Kemanusiaan yang bukan hanya bertujuan memberikan bantuan namun juga melakukan perjuangan advokasi tentang problematika Rohingya.

MER-C menilai bantuan kemanusiaan saat ini belum bisa menyelesaikan masalah substansi dari kebutuhan etnis Rohingya itu sendiri. Masalah ini hanya bisa diselesaikan bila etnis Rohingya dan etnis muslim lainnya di Myanmar mendapat pengakuan kewarganegaraan (di Myanmar).

Oleh karena itu, MER-C Medan bersama Ormas Islam akan melaksanakan misi bantuan dan advokasi kemanusiaan dengan tujuan utama: “Memperjuangkan Pengakuan Kewarganegaraan Etnis Rohingya dan Etnis Muslim Lainnya di Myanmar”.

Untuk mencapai tujuan utama tersebut tim ini akan melakukan berbagai kegiatan di kamp pengungsian yakni :

1. Melakukan assessment kondisi kesehatan dan sosial pengungsi, asal pengungsi, perkembangan terbaru situasi Rohingya dari para pengungsi, dan hal lain seputar konflik kemanusiaan yang diderita pengungsi;

2. Memberikan bantuan pelayanan kesehatan di pengungsian yang berfokus kepada pelayanan kelompok rentan (balita, anak, ibu hamil dan menyusui, serta lansia) dan bantuan logistik jangka pendek dan perencanaan bantuan logistik jangka panjang;

3. Berkoordinasi dan berdiskusi dengan Pemda Aceh dan Pemkab Aceh Utara seputar rencana pengelolaan pengungsi;

4. Memaparkan hasil kunjungan Tim MER-C ke Myanmar 2015 kepada pihak terkait.

Bagi Bapak/Ibu/Sahabat yang ingin mendukung program ini dapat menyalurkan bantuan berupa :

1. Pakaian layak pakai;

2. Kebutuhan logistik non makanan yakni : popok untuk anak-anak, popok lansia, alas tidur, selimut, sarung, handuk, kebutuhan higienitas pribadi, dan permainan anak-anak;

3. Kebutuhan logistik makanan berupa makanan instan;

4. Uang tunai atau transfer melalui Rek. Donasi amanah Kemanusiaan : 

Bank Syariah Mandiri, Rek.7074585099, Atas nama MER-C Cab. Medan

Bantuan dapat diantarkan langsung ke kantor MER-C Cabang Medan di Jalan Setiabudi, Kompleks Ruko Milala Mas Blok B 22. Contact Person MER-C Cabang Medan : Wirsal Adiansyah Harahap (081268864753)

Baca 774 kali Terakhir diubah pada Rabu, 23 September 2015 04:13
Selanjutnya di kategori ini: « Mantap MER-C Medan!

Alamat MER-C

{google_map}60.1705,24.9384{/google_map}

 

Jl. Kramat Lontar No. J-157 Senen, Jakarta Pusat Indonesia 10440
Telp            : (021) 3159235
Fax             : (021) 3159256
Call Center  : 0811 99 0176
E-mail : office@mer-c.org