Assessment Tim MER-C ke wilayah terdampak bencana di Bena Timor Tengah Selatan, NTT, Senin/12 April 2021. Bena adalah salah satu wilayah yang dilanda banjir akibat siklon tropis Seroja.

 

Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 3,5 jam dikarenakan akses jalan utama menuju Bena terputus pasca banjir. Jalan yang dilalui Tim adalah jalan alternatif yang rusak dan sempit serta menggunakan metode buka-tutup untuk dapat melintas.

 

Pkl 17.30 wita Tim MER-C bersama Tim Al Fatah Rescue tiba di posko bencana Bena yang terletak di sebuah gereja. 

 

Masih tampak jelas kerusakan di sana sini akibat bencana banjir yang menerjang Bena beberapa hari lalu. Sebagian warga Bena juga masih mengungsi karena rusaknya tempat tinggal mereka.

Tim MER-C berkoordinasi langsung dengan Bupati dan Kadis Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan. 

 

Berdasarkan hasil koordinasi dan assessment langsung di lapangan, masalah kesehatan di Bena kami nilai sudah dapat tertangani oleh Peskesmas setempat yang standby 24 jam.

 

Yang masih menjadi perhatian di wilayah ini adalah nutrisi bagi ibu hamil dan balita, sumber air bersih masih banyak yang belum layak konsumsi dan saat ini dalam proses uji kelayakan, serta pembangunan kembali infrastruktur yang rusak.

 

Karena masalah kesehatan yang sudah tertangani, Tim MER-C memutuskan untuk bergerak ke wilayah terdampak bencana lainnya yang belum terjangkau bantuan medis. Tujuan Tim selanjutnya adalah Malaka.

 

"To Help the Most Neglected and the Most Vulnerable People"

 

Bantuan dan Donasi dapat disalurkan melalui Rekening Amanah Kemanusiaan MER-C :

 

BCA. 686.0099339

BSM. 701.5658.899

BNI Syariah. 303.2000.922

Bank Mega Syariah. 1000.209.400

 

Semua rekening atas nama:

Medical Emergency Rescue Committee

 

Info lebih lanjut :

Website : www.mer-c.org

Call Center : 0811990176

FB : MER-C Indonesia

IG dan Twitter : @mercindonesia

Youtube : MER-C Indonesia

Dukung Sosial Media Kami

Langganan Info & Berita MER-C