Satu lagi relawan medis Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) berhasil memasuki Jalur Gaza, Palestina melalui perbatasan Karem Abu Shalem.

Drg. Elisabeth L. Sarri yang merupakan Ketua Tim Emergency Medical Team (EMT) 4 MER-C telah menunggu hampir 7 pekan, hingga akhirnya pada Kamis (20/6/2024) mendapat kuota untuk masuk ke Jalur Gaza bersama konvoi WHO.

 

Tim EMT 4 yang terdiri dari tujuh relawan medis berangkat dari Jakarta tanggal 3 Mei 2024 dan dijadwalkan masuk Gaza 6 Mei 2024 lalu.

Namun di hari yang sama, Israel mulai melakukan serangan darat ke Rafah sehingga konvoi WHO, termasuk Tim EMT 4 MER-C yang sudah di tengah perjalanan harus kembali ke Kairo.

Tim EMT 4 terus menunggu jadwal konvoi WHO untuk bisa masuk ke Jalur Gaza, namun setelah hampir satu bulan di Kairo, dua relawan terpaksa kembali ke Indonesia karena jadwal cuti yang telah berakhir.

Sementara lima relawan medis lainnya memutuskan tetap menunggu hingga akhirnya bisa masuk ke Jalur Gaza secara bertahap dan drg. Elisabeth L. Sarri menjadi yang terakhir dari Tim EMT 4, yang berhasil memasuki Jalur Gaza.

Dengan masuknya drg. Sarri, maka saat ini terdapat delapan relawan MER-C di Jalur Gaza. Tim bertugas di RS Nasser Khan Younis, Gaza Selatan, sementara Dokter gigi akan bertugas di Primary Health Care di wilayah Deir Balah, Gaza Tengah.

Dukung Sosial Media Kami

Langganan Info & Berita MER-C