Gaza - Memanfaatkan genjatan senjata yang cukup panjang selama 8 hari beberapa waktu lalu, MER-C Cabang Gaza melakukan kegiatan bantuan kemanusiaan berupa pembagian 2.000 paket sembako kepada warga Gaza yang membutuhkan. Pembagian dilaksanakan selama 3 hari gencatan senjata, dimana targetnya adalah warga yang rumahnya hancur karena agresi Israel, anak yatim dan fakir miskin.

Proses pembagian dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, para relawan turun langsung untuk membagikan. Kedua, bekerja sama dengan Instansi Pemerintah seperti pihak Civil Defense dan pengurus masjid atas nama pemerintah. Ketiga, bekerja sama dengan NGO. Keempat, warga datang ke RS Indonesia untuk mengambil bantuan secara langsung.


Teknis pembagian ialah warga menyetorkan data lengkap mereka sebagai persyaratan untuk mendapatkan paket sembako. Hal ini untuk mencegah terjadinya double paket pada satu nama.
Pembagian dilangsungkan di seluruh daerah di Jalur Gaza dari selatan hingga utara, dengan rincian daerahnya sbb, Utara: Bait Lahiya, Jabaliya, Syuja'iyah, Bait Hanun, Tal za'tar. Gaza city dan Zaitun. Selatan: Khonyunis dan Rafah.

Selain sembako, bantuan lainnya yang juga telah tersalurkan dari donasi rakyat Indonesia adalah bantuan daging sapi menjelang Idul Fitri sebanyak 80 paket yang dibagikan kepada 80 keluarga, bantuan uang tunai bagi para korban luka-luka yang berada di Rumah Sakit dan korban agresi lainnya sebesar total USD 11,000 dan Rp 500 juta.

Penyaluran bantuan kemanusiaan akan dilanjutkan dengan penambahan 2.000 paket sembako lagi dan menyusul juga paket alat-alat dapur. Sementara untuk bantuan obat-obatan dengan alokasi sebesar USD 200.000, prosesnya juga sedang berjalan dan selalu update setiap harinya, karena khusus obat-obatan relawan MER-C harus selalu berkomunikasi dengan pihak Kemenkes Gaza untuk mengetahui obat-obatan apa saja yang saat itu sangat dibutuhkan, demikian arahan yang disampaikan Jubir Kemenkes Gaza Dr. Ashraf Alqedra.

MER-C melalui cabangnya di Gaza yang terdiri dari 19 relawan Indonesia dan beberapa relawan lokal akan terus menyalurkan amanah bantuan dari rakyat Indonesia secara bertahap kepada rakyat Gaza.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dukung Sosial Media Kami

Langganan Info & Berita MER-C