Jakarta – Rabu/15 Juni 2016, Ikatan Alumni Suriah (Syam) Indonesia (Al-Syami) bersilaturahmi ke kantor MER-C di bilangan Senen, Jakarta Pusat. Tujuan kedatangan Al-Syami yang diwakili oleh dua orang perngurusnya adalah untuk menjajaki kerjasama dengan lembaga MER-C dalam hal penggalangan dan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk rakyat Suriah yang telah mengalami krisis kemanusiaan akibat perang berkepanjangan.

 

Salah satu Pengurus, M. Najih selaku Sekretaris Al-Syami menyampaikan bahwa ada informasi akhir-akhir ini Suriah membuka beberapa wilayahnya untuk bantuan kemanusiaan. “Ini menjadi momentum kita bersama untuk menggalang bantuan untuk rakyat Suriah. Oleh karena itu, kami tertarik untuk menjajaki kerjasama dengan MER-C dalam misi tersebut,” ungkap Najih yang pernah menempuh pendidikan selama 3 tahun di Suriah.

Itikad kerjasama ini disambut baik oleh salah satu Presidium MER-C, dr. Arief Rachman yang menerima kunjungan pengurus Al-Syami. Pada kesempatan tersebut, Arief menjelaskan bahwa saat ini MER-C juga tengah berupaya untuk mengirimkan Tim Bedah (Medis) dan bantuan kemanusiaan ke Suriah. Seperti prinsip yang dipegang MER-C selama ini, bahwa penyaluran bantuan haruslah legal dan netral, maka MER-C telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI dan Kedutaan Besar RI di Damaskus untuk pengurusan perizinan tim.

Berdasarkan informasi dari KBRI Damaskus bahwa yang dibutuhkan saat ini adalah ambulans, maka selain pengiriman Tim Medis, bantuan medis lainnya yang akan diberikan oleh MER-C adalah berupa ambulans. “Izin Tim Medis dan rencana pembelian ambulans sedang dibantu pengurusannya oleh KBRI. Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari KBRI,” tambah Arief.

Sementara itu, Al-Syami menegaskan bahwa mereka siap mendukung program kemanusiaan untuk rakyat Suriah. Bahkan, anggota mereka siap bergabung dan membantu menjadi relawan bersama Tim MER-C di lapangan. MER-C dan Al-Syami sepakat bahwa perlu diadakan pertemuan lebih lanjut untuk membahas teknis kerjasama dalam program kemanusiaan ini.

Dukung Sosial Media Kami

Langganan Info & Berita MER-C